Pages

Jumat, 23 Desember 2011

M I D I



Musical Instrument Digital Interface, sendiri adalah sebuah proses antar muka antar perangkat musik digital. Proses bisa antara sebuah keyboard dengan keyboard lain, keyboard dengan sound modul atau instrumen MIDI lain, sampai dengan antar muka dengan komputer PC.
Mulai sekitar tahun 1983, hampir semua keyboard dilengkapi microprocessor. Adanya processor dapat menerjemahkan tuts yang ditekan sehingga menghasilkan suara dengan nada dan warna suara. Saat itu, setiap pabrikan mempunyai standart masing-masing untuk Memprogram microprocessor, termasuk penerapan MIDI.


Oleh karna itu, agar antara muka MIDI dapat berkomunisasi dengan baik, saat itu kita harus menggunakan alat dari produsen yang sama. Apabila kita menggunakan dua buah alat MIDI beda pabrik, bisa jadi alamat MIDI nya berbeda. Misalnya, di keyboard A alamat MIDI 01 adalah piano, sedangkan di keyboard B ternyata bass.
Hal ini cukup menyulitkan para musisi saat itu jika mempunyai perangkat musik dari pabrikan berbeda, tapi ingin mengoneksikan Dengan MIDI. Sampai pada sekitar tahun 1990 an, MIDI Manufacturer Association menetapkan sebuah standart MIDI yang lebih dikenal dengan GENERAL MIDI ( GM ). Sementara saat ini perkembangan GENERAL MIDI sudah sampai level 2 (GM 2).
Dengan adanya standardisasi, sebuah alamat MIDI 001 misalnya akan mengeluarkan bunyi piano walaupun mereknya berbeda selama alat mencantumkan standardisasi GM / GM 2

Anda sedang membaca artikel tentang M I D I dan anda bisa menemukan artikel M I D I ini dengan url http://pustakamidi.blogspot.com/2011/12/m-i-d-i.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel M I D I ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link M I D I sebagai sumbernya.

1 komentar:

  1. Hat’s off. Well done, as we know that “hard work always pays off”, after a long struggle with sincere effort it’s done.
    Honda Odyssey AC Compressor

    BalasHapus

Midi Song & Style Untuk Segala Merk Keyboard - Pelajaran Midi - Software Midi - Pelajaran Musik - Sejarah Musik...