Pages

Senin, 26 Desember 2011

KOMPONEN MIDI

Komponen MIDI yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

1. Perintah MIDI ( MIDI command )
2. Kabel MIDI  ( MIDI Cable )
3. Format File MIDI ( SMF )

MIDI menyediakan standardisasi dan kemudahan converying data musik ke dalam data digital serta disimpan dalam MIDI Massage / MIDI Command. Aliran data MIDI bisa mencapai 31.25 Kb/sec  yang terdiri atas
10 bit yang ditransmisikan secara bersama, yaitu bit awal, 8 bit data, dan satu bit penutup.

Port MIDI terdiri atas 3 yaitu : MIDI IN, MIDI OUT & MIDI THRU.

Aliran data MIDI umumnya berasal dari MIDI Controler seperti Guitar MIDI, Keyboard, alat musik Tiup MIDI,Dan Squencer module. MIDI Controler dapat menginterprestasikan permainan musik kita dalam bahasa MIDI secara real time. Sebaliknya, squencer adalah peranti yang memungkinkan data MIDI tadi untuk direkam, diedit, disimpan, dan dimainkan kembali di kemudian hari.
MIDI Channel terdiri atas 16 channel. Kita dapat mengatur 16 MIDI chanel secara individu agar dapat dikirim ke perangkat MIDI lain, seperti sequencer dapat diatur untuk menerima semua atau hanya beberapa channel MIDI. Koneksi MIDI secara sederhana terdiri atas dua instrumen MIDI.
Satu instrumen sebagai master dan yang lain menjadi slave. Jika ingin menghubungkan lebih dari dua instrumen MIDI, Anda dapat menggunakan MIDI THRU.
Jika ingin sebuah system MIDI berbasis komputer, Anda membutuhkan koneksi MIDI di komputer Anda.  Umumnya pada beberapa jenis soundcard buatan Creative menyediakan Game Port.
Anda bisa menggunakan Game Port sebagai koneksi MIDI di komputer. Namun, beberapa soundcard buatan ESI menyediakan kabel khusus untuk komunikasi MIDI yang digabungkan dengan koneksi  S?PDIF. 
Jika tidak, Anda bisa menggunakan USB untuk antarmuka MIDI.


Perintah Midi






\





Kabel Midi



 






Format Midi File

Anda sedang membaca artikel tentang KOMPONEN MIDI dan anda bisa menemukan artikel KOMPONEN MIDI ini dengan url http://pustakamidi.blogspot.com/2011/12/komponen-midi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel KOMPONEN MIDI ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link KOMPONEN MIDI sebagai sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Midi Song & Style Untuk Segala Merk Keyboard - Pelajaran Midi - Software Midi - Pelajaran Musik - Sejarah Musik...